Aspal Hotmix

Aspal Hotmix, pengertian dan jenisnya.

Material aspal merupakan material yang sering kita temui sehari-hari. Material ini biasanya kita gunakan untuk pembangunan jalan. Tahukan anda bahwa ada berbagai macam jenis aspal yang biasanya kita gunakan untuk membangun jalan? Nah salah satu material ini merupakan jenis aspal yang sering kita gunakan untuk membangun jalan, jalan perumahan, lapangan, lahan parkir atau lapangan pesawat terbang.

Keunggulan dari jenis aspal ini salah satunya adalah memiliki daya tahan yang kuat. Sehingga jalan aspal yang menggunakan material ini dapat menahan beban yang berat. Bagi anda yang belum familiar dengan aspal ini, kami akan membahas tentang jenis aspal tersebut. Mulai dari pengertian dan selanjutnya jenis jenisnya. Jadi jangan tutup browsermu ya dan lanjutkan membaca!

Pengertian dan Jenis Aspal Hotmix

Nah selanjutnya, seperti yang sudah kami sampaikan di atas, bahwa kami akan membahas secara rinci tentang jenis aspal ini. Langsung saja kita mulai pembahasan tentang pengertian dan jenis hotmix ini.

aspal hotmix

Pengertian Hotmix

Aspal hotmix memiliki pengertian sebagai salah satu jenis aspal yang terbuat dari campuran beberapa bahan.  Bahan yang kita gunakan untuk jenis hotmix ini adalah Agregat Halus seperti abu batu dan filler, dan Agregat Kasar seperti batu split. Bahan bahan tersebut akan kita campur dan akan kita panaskan dengan suhu tinggi lalu kemudian akan kita gelar di atas tanah yang sudah kita padatkan dan kita berikan lapisan pondasi. Pencampuran dan penggelaran hotmix haruslah dilakukan oleh professional. Hal ini karena material hotmix yang dipanaskan pada suhu yang sangat tinggi sangatlah berbahaya. Jadi jika anda tidak memiliki keahlian dalam hal ini, anda sebaiknya tidak terlibat dalam proses penggelaran hotmix ini.

Nah selain pengertian, kami juga akan membahas tentang jenis jenisnya. Yuk simak ulasannya di bawah ini:

Jenis-Jenis Hotmix

  1. Asphalt Treated Base (ATB)

Aspal Treated Base ini biasa kami singkat dengan ATB merupakan jenis aspal yang biasanya kami gelar dengan ketebalan 5 centimeter. Aspal ini biasanya kami gelar di lapisan paling bawah dari beberapa lapisan jalan aspal. 

  1. Sand Sheet

Sand Sheet merupakan jenis asphalt hotmix yang biasanya kami gelar dengan ketebalan 2 centimeter. Karena aspal ini tergolong cukup tipis, aspal ini biasanya kami gunakan dalam pembangunan jalan perumahan yang biasanya hanya terlewati beberapa kendaraan kecil dan tidak memiliki beban muatan yang berat. 

  1. Fine Grade

Fine Grade merupakan jenis asphalt hotmix yang hampir sama seperti sand sheet. Hanya saja aspal ini memiliki daya tahan yang lebih lemah jika kita bandingkan dengan sand sheet. Sehingga aspal ini biasanya kami gunakan untuk jalan perumahan yang tergolong rendah pengendara lalu lintas.

  1. Asphalt Concrete Wearing Course (ACWC)

Jenis aspal yang satu ini biasanya kami singkat dengan ACWC. Aspal ini memiliki ketebalan 4 centimeter sehingga biasanya kami gunakan pada jalan yang memiliki lalu lintas yang cukup berat.

  1. Asphalt Concrete Binder Course (ACBC)

Aspal jenis ini hampir sama dengan aspal ACWC dan juga memiliki ketebalan yang sama yaitu 4 centimeter. Aspal ini biasanya kami gunakan sebagai pelapis kedua untuk aspal AC WC atau Laston 3.

  1. Laston 3

Aspal yang satu ini terkenal juga dengan sebutan dengan Hot Roller Sheet. Aspal ini memiliki ketebalan 3 centimeter. Sehingga cocok untuk jalan yang memiliki lalu lintas sedang.

Untuk info lebih lanjut, anda dapat menghubungi kami jasa pengaspalan Jakarta di nomor berikut 08179561700. Baik untuk aspal perbaikan jalan, aspal overlay maupun kebutuhan lainnya.

Baca juga artikel tentang aspal penetrasi.

Demikian pengertian aspal hotmix dan jenis jenisnya yang dapat kami uraikan untuk anda. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat bagi anda!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.