Alat Berat untuk Pengaspalan Jalan

Dalam pengerjaan proyek infrastruktur jalan, tentu perlu alat berat untuk pengaspalan jalan. Adapun beberapa alat berat tersebut berfungsi sebagai pendukung pengerjaan proyek aspal. Apa saja alat yang diperlukan? Simak penjelasannya berikut


alat berat untuk pengerjaan proyek pengaspalan

Pekerjaan pengaspalan memang menjadi salah satu proyek infrastruktur yang kini jadi proyek kontraktor yang sangat ramai.

Wajar, percepatan pembangunan jalan oleh pihak pemerintah, membuat berbagai daerah, terutama di area perkotaan banyak memerlukan proyek pengaspalan. Baik pengaspalan baru maupun perbaikan jalan.

Dalam pelaksanaannya pun memerlukan alat berat sebagai equipment dalam mengerjakan proyek pengaspalan jalan. Sehingga, mempermudah operator atau kontraktor dalam percepatan pembangunan jalan.

Adapun beberapa alat yang perlu tersedia dalam proyek jasa pengaspalan jalan cukup variatif. Tergantung dari skala proyek tersebut.

Alat Berat untuk Proyek Pengaspalan

Ada beberapa peralatan pengaspalan jalan yang harus tersedia. Salah satunya yakni dari kategori alat berat yang sangat perlu untuk mempercepat pelaksanaan pengerjaannya. Antara lain sebagai berikut :

  • Excavator

Excavator memiliki peranan begitu penting, khususnya dalam pengerjaan pembangunan jalan. Bukan tanpa alasan mengingat equipment ini sangat berfungsi sebagai alat penggali pada permukaan tanah dalam pekerjaan cut and fill lahan proyek. Terutama bila keadaan lahan yang hendak jadi obyek pengaspalan masih belum rata.

  • Dump Truck

Tak sampai di situ saja, ada pula nama alat berat dump truck sebagai alat dalam mendukung proses jasa pengaspalan. Fungsinya untuk mengangkut material saat proses penggalian maupun perataan permukaan area pengaspalan.

  • Motor Grader

Motor Grader juga perlu sebagai alat berat untuk pengaspalan jalan Hotmix. Alat ini memiliki peranan penting sebagai penghampar untuk meratakan sekaligus membentuk permukaan tanah supaya permukaannya lebih rata.

Tak hanya itu, fungsi lain dari motor grader juga seringkali sebagai alat untuk mencampurkan serta menghamparkan tanah yang telah bercampur aspal.

  • Wheel Loader

Fungsi wheel loader sendiri sebagai equipment dalam proyek pekerjaan pengaspalan jalan untuk memindahkan materal dari satu alat ke alat yang lain atau dari satu titik ke titik lain. Pada proyek produksi di AMP, umumnya alat berat wheel loader memiliki peran penting untuk mengisi agregat kasar dan agregat halus pada cold bin.

  • Tandem Roller

Lalu,tak lupa dalam proses pengerjaan pengaspalan jalan, tentu saja membutuhkan tandem roller. Bukan tnapa sebab mengingat fungsi dari Tandem Roller sendiri sebagai penggilas atau pemadat. Alat ini terdiri atas poros 2 (two axle) dan poros 3 (three axle tandem rollers).

Tujuan utama dari penggunaan alat tandem roller ini umumnya untuk mendapatkan permukaan dasar yang agak halus. Misalnya saja seperti pada proyek penggilasan aspal beton dan lain-lain.

  • Pneumatic Tire Roller

Alat ini terdiri dari roda-roda ban karet yang terpompa (pneumatic). Alat ini sangat cocok sebagai alat penggilas bahan yang bergranular, juga baik digunakan pada penggilasan lapisan hot mix sebagai “penggilas antara”.

Hotmixindo : Layanan Pengaspalan Profesional

Bila Anda tengah mencari layanan pengaspalan dengan dukungan alat berat mumpuni maka Hotmixindo solusinya.

Dengan profesionalisme dan jam terbang tinggi kami di bidang jasa aspal Hotmix, tentu saja kami bisa menjamin kualitas pengerjaan yang tak akan mengecewakan.

Apalagi, layanan kami telah mendapat dukungan oleh operator sekaligus tenaga teknis yang berpengalaman dan ahli. Jadi, proyek pengaspalan pun akan bisa selesai tepat waktu.

Sampai di sini, Anda sudah tahu bukan apa saja alat berat untuk pengaspalan jalan? Setidaknya, informasi ini bisa menjadi pertimbangan bagi Anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.