Jenis Kerusakan Jalan

Kondisi jalan yang rusak pastinya cukup membahayakan bagi para pengendara di jalanan. Ternyata ada banyak jenis kerusakan jalan yang masing-masing memiliki penyebab yang berbeda. 

Secara tidak langsung jalan yang memiliki kondisi baik maka bisa memperlancar hubungan antara berbagai daerah. Hal ini juga berlaku sebaliknya. Apabila jalan mengalami kerusakan pastinya dapat menghambat kegiatan ekonomi. Bahkan parahnya lagi dapat menimbulkan kecelakaan.

Kerusakan Jalan

Ada banyak jenis kerusakan yang terjadi di jalanan, sehingga hal ini membuat para masyarakat harus waspada ketika melewati jalanan yang rusak. Berikut ini daftar jenis kerusakan yang sering kali terjadi di jalanan aspal, di antaranya:

Kerusakan Jalan Distorsi 

Distorsi merupakan perubahan bentuk yang bisa saja terjadi karena lemah tanah dasarnya terdapat tambahan pemadatan akibat beban lalu lintas. 

Keriting

Keriting adalah kerusakan yang terjadi pada alur karena melintang jalan. Hal ini dikarenakan karena banyaknya penggunaan agregat halus. Agregat aspal yang digunakan memiliki penetrasi yang tinggi dan lalu lintas yang digunakan sebelum perkerasan mantap. 

Sungkur 

Sungkur adalah kerusakan yang terjadi karena deformasi plastis yang terjadi setempat dimana kendaraan tersebut seringkali berhenti, adanya tikungan tajam atau kelandaian yang terlalu curam.

Kerusakan Jalan Amblas 

Amblas merupakan kerusakan jalan yang terjadi karena hal tertentu. Pada biasanya kerusakan ini ditandai dengan adanya keretakan yang disebabkan karena kendaraan melebihi muatan yang direncanakan. 

Jembul 

Masih ada jenis kerusakan yang perlu kita ketahui yaitu jembul. Ini adalah kerusakan yang sering kali terjadi di tempat tertentu tanpa adanya tanda. 

Retak 

Kerusakan ini karena adanya pengembangan tanah dasar yang secara ekspansif cacat permukaan kerusakan yang mengarah terhadap kimiawi maupun mekanis dari lapis permukaan. Kita sebut sebagai cacat permukaan karena adanya kerusakan pada aspal. 

Kerusakan Jalan Lubang

Lubang adalah kerusakan jalan yang berupa seperti mangkuk dan mempunyai ukuran bervariasi. Lubang bisa berukuran kecil, sedang, bahkan sampai besar. 

Pelepasan Butir 

Pelepasan butir juga termasuk sebagai kerusakan jalan yang di tandai dengan pelepasan butir lapis perkerasan. Hal ini bisa menjadikan pelepasan butir tersebut semakin meluas.

Pengausan

Pengausan adalah kerusakan yang sering kali terjadi akibat agregat yang berasal dari bahan material yang memang tidak bisa tahan. Ada agregat berbentuk licin atau bulat maupun terhadap roda kendaraan. 

Kerusakan Jalan Kegemukan 

Kegemukan pada jenis kerusakan jalan ini termasuk sebagai kerusakan yang sering kali terjadi ketika berada di tempat yang tinggi. Bisa juga karena aspal lunak dan terjadi karena roda yang bisa menyebabkan pemakaian kadar aspal terlalu tinggi di bagian campuran aspal.

Benjol dan Turun 

Benjol merupakan gerakan maupun perpindahan dari permukaan aspal ke atas yang memiliki sifat kecil dan lokal. Sementara kerusakan ini memiliki pola tegak lurus dari arah lalu lintas. Salah satu penyebabnya yaitu karena adanya penggembungan. 

Bisa juga karena perkerasan beton yang sudah di overlay bersama dengan aspal. Hal ini juga bisa karena adanya penumpukan atau infiltrasi material ke dalam pertahankan yang di ikuti dengan pengaruh beban lalu lintas. 

Untuk mengatasi hal ini pada biasanya kami lakukan penambalan dangkal yang bersifat parsial maupun menyeluruh kedalaman atau overlay.

Striping

Striping atau pengelupasan pada bagian lapisan permukaan jalan ini bisa saja terjadi akibat ikatan antara lapisan permukaan dan bawah kurang atau bisa kami katakan lapisan tersebut terlalu tipis. 

Jika anda sudah bosan dengan kerusakan jalan di sekitar anda dan berniat memperbaiki, hubungi kami sekarang juga. Kami PT Hotmixindo akan segera membuat jalan anda menjadi nyaman untuk anda lewati. Selain itu juga awet dengan jaminan garansi.

0818-133-600
0819-1026-3557

Langkah perbaikan yang dapat kita lakukan pada jenis kerusakan striping ini yaitu pada bagian yang rusak harus di garuk terlebih dahulu. Setelah itu kita ratakan, barulah kita lapisi dengan buras. Mengatasi kerusakan pada jalan memang bukan perkara yang mudah kita lakukan. Terlebih lagi banyaknya jenis kerusakan jalan yang harus anda kenali terlebih dahulu supaya bisa mencari solusinya. Sementara beda penyebab pastinya beda pula cara mengatasinya.

Leave a Reply